Pengertian Cooperative Learning


 Cooperative learning merupakan strategi pembelajaran yang banyak menarik perhatian kalangan pengajar. Berikut saya sajikan pengertian cooperative learning hasil dari terjemahan artikel cooperative learning dari http://edtech.kennesaw.edu/intech/cooperativelearning.htm.

cooperative-learning11Cooperative learning adalah strategi pembelajaran yang cukup berhasil pada kelompok-kelompok kecil, di mana pada tiap kelompok tersebut terdiri dari siswa-siswa dari berbagai tingkat kemampuan, melakukan berbagai kegiatan belajar untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang materi pelajaran yang sedang dipelajari. Setiap anggota kelompok bertanggung jawab untuk tidak hanya belajar apa yang diajarkan tetapi juga untuk membantu rekan rekan belajar, sehingga bersama-sama mencapai keberhasilan. Semua Siswa berusaha sampai semua anggota kelompok berhasil memahami dan melengkapinya.

Semua anggota kelompok berusaha untuk saling menguntungkan sehingga semua anggota kelompok bisa:

  1. Merasakan keuntungan dari setiap usaha teman lainnya. (Kesuksesan Anda bermanfaat bagi saya dan keberhasilan saya bermanfaat untuk Anda.)
  2. Menyadari bahwa semua anggota kelompok mempunyai nasib yang sama. (Tenggelam atau mengapung kita bersama).
  3. Tahu bahwa prestasi seseorang ditentukan oleh orang lain dalam satu kelompok. (Kami tidak dapat melakukannya tanpa Anda.)
  4. Merasa bangga dan merayakan bersama ketika salah satu anggota kelompok mendapatkan keberhasilan (Kami semua merasa sukses atas kesuksesan anda. 

 Bagaimana keunggulan Cooperative Learning?

Penelitian telah menunjukkan bahwa model cooperative learning:
• meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi akademiknya.
• meningkatkan daya ingatan siswa
• meningkatkan kepuasan siswa dengan pengalaman belajar
• membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi secara lisan
• mengembangkan  keterampilan social siswa
• meningkatkan rasa percaya diri siswa
• membantu meningkatkan hubungan positif antar siswa.

 

 

Bersambung…….5 asas cooperative learning.

 

 

DAFTAR PUSTAKA
David and Roger Johnson. “An Overview of Cooperative Learning.” [Online] 15 October 2001. <http://www.clcrc.com/pages/overviewpaper.html>.

Howard Community College‘s Teaching Resources. “Ideas on Cooperative Learning and the use of Small Groups.” [Online] 15 October 2001. <http://www.howardcc.edu/profdev/resources/learning/groups1.htm>.

Kagan, S. Kagan Structures for Emotional Intelligence. Kagan Online Magazine. 2001, 4(4). http://www.kaganonline.com/Newsletter/index.html

 

Reference

Kagan, Spencer. Cooperative Learning. San Clemente, CA: Kagan Publishing, 1994. http://www.kaganonline.com/

cooperative-learning1

 

 

About these ads

15 Tanggapan

  1. bagus…bagus,sekarang yang lagi ngetop lesson study? Kapan artikel lesson studynya !!!

  2. Halo mas Prapto, Senang atas kunjungan anda di Blog saya.
    Untuk tulisan lesson study parnah saya muat loh coba klik di http://sunartombs.wordpress.com/?s=lesson+study
    Namun demikian dengan senang hati saya akan menulis lagi tentang lesson study, kebetulan sekarang sedang menangani program BERMUTU yang di dalamnya dibahas secara mendalam tentang lesson study dan PTK.
    Sampai ketemua kembali

  3. ASSALAMUALAIKUM………TERIMA KASIH ATAS ARTIKELNYA…

  4. Saya sungguh beruntung !!. Di waktu -waktu sebelumnya sering saya menghabiskan waktu di gramedia, tapi rasanya sekarang tidak perlu lagi , cukup klik di sini . Terima kasih . Pak Narto. SUKSES SELALU !!!

  5. gimana dengan multiple intelegensi?

  6. tolong pengertian cooperatif learning dapat di copi dong atau di email ke alamat email aku, terimakasih!

  7. Assalamualaikum,Wr.Wr. Terima ksih banyak atas artikel bapak, sungguh saya dan kami di SMP Negeri 1 Maronge Ka. Sumbawa NTB, sangat terbantu dengan mengakses berbagai informasi dari website bapak ini.

  8. Salam hangat dan hormat saya, juga teman-teman guru di SMA Negeri 1 Lape Kab. Sumbawa NTB. Terima kasih yang tiada terhingga atas konstribusi informasinya yang sangat bernilai bagi kami, semoga bapak selalu berjaya dan terus sukses dalam berkarya.

  9. Sebagai sekolah baru (Insya Allah PSB 2010/2011) dan berada jauh di pelosok daerah di Kecamatan Maronge Kab. Sumbawa NTB, kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas berbagai informasi yang dapat kami akses di Website bapak. Kiranya jika bapak berkenan agar dapat mengirimkan ke E-mail sekolah kami hal-hal yang sangat dibutuhkan sekolah, kami kira bapak tahu betul kebutuhan-kebutuhan kami sebagai pengelolah sekolah baru. terima kasih semoga sukses selalu.

  10. Terimakasih atas infonya. Baca juga pengertian PTK secara utuh dan pengertian kooperative learning teknik Jigsaw hanya di http://www.serumpunilmu21.wordpress.com

  11. Terima kasih mas hand, atas share-nya. Blognya sangat bagus dan bermanfaat.

  12. Assalamu alaikum.. mas boleh tidak sya minta data2 lengkap serta referensinya dari cooperative learning, soalnya saya mau jadikan bahan untuk skripsi saya… Terima kasih..

  13. [...] http://sunartombs.wordpress.com/2009/03/20/pengertian-cooperative-learning/ [...]

  14. [...] 2009. Pengertian Cooperative Learning.   http://sunartombs.wordpress.com/2009/03/20/pengertian-cooperative-learning/. diakses tanggal 19 oktober [...]

  15. [...] 2009. Pengertian Cooperative Learning.   http://sunartombs.wordpress.com/2009/03/20/pengertian-cooperative-learning/. diakses tanggal 19 oktober [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: