Perbedaan Kenaikan Jabatan fungsional Guru antara KepmenPan No 84 Tahun 1993 dengan Kepmenpan No 16 tahun 2009.


Guru sebagai jabatan profesional diwajibkan untuk menunjukkan kinerja yang profesional sesuai dengan Keppres Nomor 87 Tahun 1999. Dan jabatan profesional yang belum menyesuaikan dengan kepres tersebut adalah Jabatan Fungsional Guru. Selain itu berdasarkan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 jabatan guru akan menjadikan Jabatan fungsional Guru sebagai Jabatan Ahli. Guru sebagai tenaga profesional wajib memiliki kualifikasi akademik minimal S-1/D-IV.

Dengan begitu maka Jabatan guru adalah jabatan yang prestisius dan menuntut kemampuan kerja yang tinggi. Oleh karena dalam rangkang meningkatkan profesionlisme guru dengan sistem kenaikan pangkat guru berdasarkan kepmenpan no 84 tahun 1993 masih dijumpai banyak kelemahan maka, sistem kenaikan pangkat dengan angka kredit tersebut disempurnakan dengan kepmenpan no 16 tahun 2009.

Perbedaan Kenaikan Jabatan fungsional Guru antara KepmenPan No 84 Tahun 1993 dengan Kepmenpan No 16 tahun 2009.

NO

ASPEK

PERATURAN LAMA

PERATURAN BARU

1 Dasar Kepmenpan No 84 tahun 1993 Kepmenpan No 16 tahun 2009
2 Sebutan Unsur Utama Minimal 80%

  • Pendidikan dan Pelatihan
  • Proses Belajar Mengajar
  • Pengembangan Profesi

Penunjang maksimal 20 %

Unsur Utama Minimal 90%

  • Pend. Formal dan Pend. Fungsional.
  • Proses Belajar Mengajar
  • Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Penunjang maksimal 10%

 

3 Macam Pengembangan Profesi Guru
  1. Karya Tulis Ilmiah
  2. Teknologi Tepat guna
  3. Alat Peraga
  4. Karya Seni
  5. Pengembangan Kurikulum
  6. Pengembangan diri
  7. Publikasi ilmiah
  8. Karya Inovasi
4 Jenis Pengembangan diri (Tidak ada)
  1. Diklat Fungsional
  2. Kegiatan Kolektif Guru
5 Macam  Publikasi Ilmiah
  1. KTI hasil penelitian
  2. Tinjuan Ilmiah
  3. Tulisan Ilmiah Popoler
  4. Prasaran Ilmiah
  5. Buku/Modul
  6. Diktat
  7. Karya Terjemahan

 

  1. presentasi di forum ilmiah
  2. hasil penelitian
  3. tinjauan ilmiah
  4. tulisan ilmiah populer
  5. artikel ilmiah
  6. buku pelajaran
  7. modul/diktat
  8. buku dalam bidang pendidikan
  9. karya terjemahan
  10. bukupedoman guru

 

6 Macam Karya Inovasi
  1. Teknologi Tepatguna
  2. Alat Peraga
  3. Karya Seni
  4. Pengembangan Kurikulum

 

  1. menemukan teknologi tetap guna
  2. menemukan/menciptakan karya seni
  3. membuat/memodifikasi alat pelajaran
  4. mengikuti pengembangan penyusunan standar . pedoman.,  soal dan sejenisnya

 

7 Prasayarat dalam kenaikan golongan Wajib sebagai syarat kenaikan pangkat/golongan VIa ke atas dengan minimal jumlah angka kredit 12.  Wajib sebagai syarat kenaikan pangkat/golongan IIIb ke atas dengan minimal jumlah angka kredit  yang bervariasi berdasar jenjang pangkat/golongannya. 
8 Teknik Penilaian Penilaian lebih banyak administratif Menggunakan teknik penilaian kinerja (Praktik)
9 Sistem Pengajuan PAK Diajukan pada saat guru/ KS/ PS ingin mengajukan kenaikan pangkat. Diajukan setiap tahun.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: