Cara cerdas Mempersiapkan UN as


091130karikatur-thumMenjelang Ujian Nasional berbagai sekolah melakukan aneka ragam kegiatan dalam rangka mempersiapkan anak didiknya untuk sukses menjalani Ujian Nasional. Mulai dari les pelajaran setiap hari, try out UN, les privat, sampai dengan kegiatan doa bersama dan istiqosah. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan aneka kegiatan tersebut, namun jika semuanya tadi dilakukan secara berlebihan bukan tidak mungkin hasil yang diperoleh saat menjalani Ujian Nasional nanti justru anak-anak tidak mendapatkan hasil yang optimal.

Bulan-bulan ini kelas 6, 9 dan kelas 12 adalah bulan-bulan yang dirasakan amat berat bagi semua siswa. Tidak ada waktu ceria diwajah mereka kecuali ketegangan yang nyaris menghinggapi seluruh wajah siswa dalam menghadapi UN ini. Ibarat kata bangun tidur sarapan soal, datang ke sekolah snack-nya soal, pulang sekolah makan soal, bahkan saat akan tidurpun dinnernya juga soal. Secara berkelakar boleh dibilang saat buang hajatpun yang keluar juga soal.Kondisi demikian tentu  sangat menyiksa anak didik, namun itu semua sudah dianggap lazim oleh para guru di sekolah. Bahwa ketika sudah kelas 6 untuk SD, kelas 9 untuk SMP maupun kelas 12 untuk SMA/SMK memang mereka harus prihatin, menyingkirkan segala urusan yang sifatnya senang-senang. Kalau mereka ingin sukses dalam menjalani UN mereka harus taat dengan rutinitas yang sangat membosankan tersebut.

Sebenarnya kalau kita telaah secara jernih kegiatan tersebut di atas sangatlah bertentangan teori belajar. Gagner mengatakan bahwa keberhasilan belajar sangat ditentukan oleh kondisi emosi. Belajar dalam suasana hati yang menyenangkan akan membantu otak untuk terbuka lebar menerima informasi apapun dan akan menjamin lebih tahan lama dalam ingatan (long term memory). Sebaliknya situasi belajar yang membosankan apalagi penuh dengan ancanam, volume otak akan segera menyempit untuk menerima informasi apapun atau justru melarikan diri dari fokus pembelajaran saat itu.

Dalam tulisan ini saya akan memberikan tips cerdas dalam menyiapkan anak didik sukses dalam menjalani UN, tetapi tetap dalam suasana yang menggembirakan. Ada beberapa  langkah yang harus kita lakukan, antara lain:

  1. Pastikan bahwa proses pembelajaran sudah tuntas atau selesai sekitar 2 bulan sebelum menghadapi UN.
  2. Buat rangkuman materi berkaitan dengan kisi-kisi UN
  3. Suruh siswa mempelajari dan memahami materi UN tersebut secara sungguh-sungguh
  4. Bantu siswa menghafalkan materi yang sulit dengan berbagai cara yang menggembirakan, misalnya dengan cara menyanyi, bermain, jembatan keledai, atau dengan cara lain yang menggembirakan.
  5. lakukan Tryout UN bukan untuk mengerjakan soal 1 s.d 50 sekaligus. tetapi kerjakan 50 soal untuk indikator nomor 1 s.d 10 saja secara paralel. Dengan demikian cakupan materi tidak terlalu luas dan sangat gampang untuk dilakukan analisis terhadap materi mana saja yang belum dikuasai oleh siswa.

Kalau try out soal secara paralel selesai dilakukan cobalah untuk tryout soal secara keseluruhan indikator, insya allah hasilnya sudah bagus.  Dengan demikian siswa kita telah siap menghadapi UN dengan penuh kegembiraan dan Insya Allah sukses semua untuk mereka.

2 Tanggapan

  1. artiekl yang sangat menarik untuk diaplikasikan para siswa🙂

  2. oK SELAMAT MENCOBA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: