Mendesign Pembelajaran Matematika yang mengasyikkan


jamUntuk Meningkatkan Kemampuan Siswa menghadapi Soal Cerita tentang Perkalian danPembagian Perkalian dan pembagian merupakan materi yang saling berpasangan. Materi tersebut termasuk materi esensial yang cukup lama proses penanamannya. Bahkan, kalau udah disajikan dalam soal cerita, seringkali para siswa mengalami kesulitan.

Bagaimana guru dapat membelajarkan siswanya dengan tampilan yang berbeda dan menarik. Bu Kresniwiyati, Guru SD Negeri Gombong 5 Kabupaten Kebumen memberikan tips sebagai berikut:

  1. Siapkan sudut pasar di dalam kelas (dus susu, korek api, sabun, dll) dengan jumlah tiap benda minimal 12 bungkus. Beri label harga untuk tiap benda.
  2. Minta anak mengambil 2 benda yang berbeda dengan jumlah lebih dari 1. Misal: sabun mandi 5 bungkus @ Rp 1.800, pasta gigi 2 bungkus @ Rp 4.200
  3. Secara berkelompok siswa menghitung harga barang yang terambil. 5 x Rp 1.800 = Rp 9.000 2 x Rp 4.200 = Rp 8.400
  4. Untuk pembagiannya, kegiatan anak selanjutnya menumpuk sabun 5 bungkus tadi dan memberi harga Rp 9.000 kemudian menghitung harga satuannya.

Lanjutkan dengan kegiatan yang sama untuk benda yang berbeda. Satu hal yang menarik dalam kegiatan yang dilakukan oleh sorang guru tersebut. Bahwa beliau tidak hanya meminta anak menjadi reseptor (penerima pasif) dari soal cerita. Beliau justru menghendaki siswanya menjadi kreator (pencipta aktif) soal cerita. Beliau meminta siswa membuat soal cerita yang sesuai dengan pengalaman mereka.

Demikian salah satu kegiatan yang kreatif dan menarik yang dapat dilakukan oleh para guru di sekolah dalam membelajarkan matematika. Carita tadi saya sajikan begitu adanya dari sebuah paket pelatihan matematika yang di pelopori oleh program USAID PRIORITAS. Tentu masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang menarik dalam kegiatan tersebut, jika teman-teman guru menghendaki untuk dapat membaca inspirasi-inspirasi kegiatan yang lain yang lebih lengkap silahkan DOWNLOAD DI SINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: