Pelatihan MBS untuk Guru SMP


Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa setiap sekolah wajib menyelenggarakan pengelolaan sekolah berdasarkan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). Dalam penyeleneggaraan MBS setiap sekolah wajib melaksanakan 3 pilar utama dalam MBS, yaitu: 1) Manajemen sekolah yang transparan, partisipati dan akuntabel  2) Pelaksanaan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) dan 3) Melibatkan peran serta masyarakat secara optimal.

Khusus pelatihan hari ini teman-teman guru SMP sedang membahas tentang pelaksanaan PAKEM. Dalam melaksanakan PAKEM, guru wajib menguasai 5 hal yaitu yang sering disingkat P I M3, yaitu: Performan, Icebreaker, Materi, Media dan Metode.

Penampilan seorang guru tentu merupakan hal pertama yang akan menentukan keberhasilan proses pembelajaran di kelas. Guru yang menarik, tentu akan menjadi magnet tersendiri bagi para siswa untuk terlibat secara aktif selama pembelajaran. Begitu juga guru yang penampilannya membosankan tentu merupakan penghambat yang luar bisa untuk meraih sukses dalam proses pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: