ALAT PERAGA yang Dapat Nilai Angka Kredit dan alasan Penolakannya


Jenis alat peraga yang dapat diakui angka kreditnya antara lain:

  1. Poster/gambar untuk pelajaran
  2. Alat permainan pendidikan
  3. Model benda/barang atau alat tertentu
  4. Benda potongan (cutaway object)
  5. Film/video pelajaran
  6. Gambar animasi komputer
Alasan Penolakan dalam Penilaian angka kredit:
  1. Alat peraga yang dikirimkan diragukan keasliannya karena laporan yang dikirimkan tidak memuat fotobahan, proses pembuatan, hasil pembuatan dan saat digunakan di kelas. Saran : Laporan alat peraga harus diperbaiki dan dikirimkan lagi dengan dilengkapi keempat foto pembuatan dan penggunaan.Alat peraga hanya dikirimkan foto/barangnya tetapi
  2. Tidak ada narasi laporan pembuatan dan penggunaan. Saran:  Dilengkapi dengan narasi laporan pembuatan dan penggunaan yang dilengkapi foto pembuatan dan penggunaan.
  3. Laporan alat peraga yang dikirimkan tidak disertai foto pembuatan dan foto penggunaan (bila tidak disertakan alat peraganya). Saran: Laporan alat peraga dilengkapi dengan  foto pembuatan dan foto penggunaan (bila tidak disertakan alat peraganya).
  4. Laporan alat peraga yang dikirimkan tidak ada pengesahan dari kepala sekolah. Saran: Laporan alat peraga diperbaiki dan dikirimkan ulang  dengan dilengkapi pengesahan dari kepala sekolah
  5. Alat peraga yang dibuat tidak bermanfaat dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Saran: Alat peraga diganti dengan yang baru, yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran.
  6. Alat peraga yang dibuat ternyata hanya menyalin tanpa ada modifikasi dari yang sudah ada sebelumnya. Saran: Alat peraga diganti dengan yang baru dan ada modifikasi dari yang sudah ada sebelumnya.
  7. Alat peraga yang dibuat tidak dapat digunakan berkali-kali atau tidak dapat digunakan dalam waktu yang relatif lama (tidak awet). Saran: Diganti dengan alat peraga baru yang dapat digunakan berkali-kali.
  8. Alat peraga yang dibuat tersebut bukan alat peraga yang sesuai dengan bidang mata pelajaran yang diajarkan. Saran: Diganti dengan alat peraga baru yang sesuai dengan bidang mata pelajaran yang diajarkan.
  9. Alat peraga yang dibuat tidak menampakkan kerapihan pembuatan/terkesan asal jadi. Saran: Diganti dengan alat peraga baru yang rapih/tidak asal jadi.
  10. Alat peraga yang dibuat tidak dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran: Diganti dengan alat peraga baru yang dapat digunakan dalam pembelajaran.
  11. Alat peraga yang dibuat termasuk jenis poster/flipchart tetapi gambar atau tulisan pada poster sama dengan yang sudah ada sebelumnya/tidak ada inovasi. Saran: Diganti dengan poster yang memilki unsur inovasi (gambar atau tulisan tidak sama dengan yang sudah ada sebelumnya).
  12. Alat peraga yang dibuat termasuk jenis alat permainan, tetapi tidak jelas/tidak ada unsur permainannya. Saran: Diganti dengan alat peraga jenis permainan yang  jelas unsur permainannya.
  13. Alat peraga yang dibuat termasuk jenis Model, tetapi terlalu sederhana modelnya sehingga kurang mampu memperjelas konsep. Saran: Dibuat alat peraga jenis Model yang baru, yang tidak terlalu sederhana modelnya sehingga model tersebut mampu  memperjelas konsep.
  14. Alat peraga yang dibuat termasuk jenis Alat Peraga Praktik, tetapi terlalu sederhana sehingga kurang mampu memperjelas   praktik/cara kerja sebuah peralatan. Saran: Dibuat Alat Peraga Praktik yang baru atau diperbaiki/disempurnakan sehingga mampu memperjelas praktik/cara kerja sebuah peralatan
  15. Alat peraga yang dibuat termasuk jenis Transparansi, tetapi tidak ada unsur inovasi (hanya berupa lembaran-lembaran  transparansi berisi gambar dan tulisan materi biasa). Saran: Diganti dengan Transparansi baru, yang memiliki unsur inovasi.
  16. Alat peraga yang dibuat termasuk jenis Slide tetapi tidak ada unsur inovasi pada slide yang dibuat (slide hanya berupa foto-foto yang kurang berkaitan dengan materi pelajaran atau tanpa ada unsur inovasi). Saran: Diganti dengan Slide yang memiliki unsur inovasi pada slide yang dibuat (harus berupa foto-foto yang berkaitan dengan materi pelajaran dan ada unsur inovasi). Alat peraga yang dibuat termasuk jenis Film tetapi tidak ada unsur inovasi pada film yang dibuat (film hanya berupa rangkaian film yang kurang berkaitan dengan materi pelajaran, tanpa narasi atau tanpa ada unsur inovasi). Saran: Diganti dengan Film yang memiliki unsur inovasi, berkaitan dengan materi pelajaran, menggunakan narasi atau ada unsur inovasi).
  17. Alat peraga yang dibuat termasuk jenis Cutaway, tetapi tidak memperjelas cara kerja sebuah alat/ mesin/pesawat. Saran: Diganti dengan alat peraga jenis Cutaway atau diperbaiki sehingga memperjelas cara kerja sebuah alat/mesin/ pesawat.
  18. Alat peraga yang dibuat termasuk jenis Animasi tetapi tidak unsur inovasinya, hanya berupa tulisan materi pelajaran. Saran: Diganti dengan alat peraga berupa Animasi yang  memiliki unsur inovasi, tidak hanya berupa tulisan materi pelajaran.
  19. Alat peraga yang dibuat termasuk jenis Animasi tetapi tidak unsur inovasinya, hanya berupa tulisan materi pelajaran. Saran:  Diganti dengan alat peraga berupa Animasi yang  memiliki unsur inovasi, tidak hanya berupa tulisan materi pelajaran.
  20. Alat peraga yang dibuat termasuk jenis  Animasi  tetapi laporan yang dikirimkan tidak dilampiri dengan soft copy program animasi tersebut. Saran: Laporan dilengkapi dengan soft copy program animasi tersebut.
  21. Alat peraga yang dibuat termasuk jenis Animasi dengan dibuat menggunakan program komputer animasi tetapi belum dapat dinilai tidak dilengkapi keterangan kemampuan guru dalam menggunakan komputer dan keterangan karya asli guru tersebut. Saran: Disertakan keterangan dari kepala sekolah bahwa yang bersangkutan memiliki kemampuan menggunakan komputer dan karya tersebut benar-benar karya asli dari guru tersebut.

3 Tanggapan

  1. pokok bahasan transformasi pada pelajaran matematika kelas VII semester 2. alat peraga yang saya buat dari karton dan origami dengan cara mrenempelkan origami di kuadran 1 lalu dicerminkan terhadap sumbu y dan terhadap sumbu x. apakah bisa alat ini saya jadikan alat peraga pak. bantu ya makasih

  2. Bisa Banget

  3. sbg gru bru, sy py dkt gmbrn stlh bka blog bapk, trm kash infoy………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: