Buku ini (Icebreaker dalam Pembelajaran Aktif) memberikan panduan yang gampang (mudah) dan gamblang (jelas) mengenai bagaimana membuat suasana pembelajaran lebih gairah.


Prof. Dr. Sukarno, M.Si
Ketua Umum ALFA (Active Learning Fasilitator Association)
Dekan FPBS Universitas Tidar Magelang

Mengajar yang PAKEM sukar? No. Asal ada kemauan pasti ada jalan. Buku ini memberikan panduan yang gampang (mudah) dan gamblang (jelas) mengenai bagaimana membuat suasana pembelajaran lebih gairah, segairah pada saat bangun pagi dan mendapatkan hadiah ulang tahun di depan kamar tidur.

Salah satu cara gampang membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan menggairahkan adalah dengan menyisipkan icebreaker di dalamnya. Bapak Sunarto memberikan berbagai contoh implementasi icebreaker dalam pembelajaran. Icebreaker yang dicontohkan tidak hanya semata bertujuan membangkitkan samangat belajar, namun lebih dari itu  isi dari icebreaker-icebreaker  yang  dicontohkannya juga mempunyai nilai edukatif yang dapat diterapkan  dalam proses pembelajaran untuk segala usia. Artinya icebreaker yang dicontohkan Bapak Sunarto sangat menghindari lelucon-lelucon jorok atau icebreaker konten porno yang selama ini banyak disajikan dalam berbagai pelatihan. (silahkan lihat di sini)

Bapak Sunarto ternyata mampu mengklasifikasikan berbagai jenis icebreaker sampai 9 jenis dengan berbagai contoh nyata pelaksanaannya di lapangan. Selain itu dalam buku ini Bapak Sunarto juga memberikan panduan bagi para trainer/ fasilitator maupun guru bagaimana mengembangkan icebreaker sendiri secara kreatif.  Tentu ini merupakan kristalisasi  dari pengalamannya yang panjang sebagai guru Sekolah Dasar,  trainer serta fasilitator PAKEM baik di level lokal maupun Nasional. Oleh karena itu tidak berlebihan jika beliau dipercaya menjadi Devisi Pendidikan dan Pelatihan di ALFA (Active Learning Facilitators Association).

Keterlibatannya dalam berbagai NGO internasional seperti UNICEF dan USAID untuk bidang pendidikan tentu membuatnya semakin matang dalam mengemas berbagai pelatihan yang mendasarkan pada konsep active learning. Dengan demikian buku ini sebenarnya sangat dinanti-nantikan oleh para guru maupun  para fasilitator / trainer active learning di manapun berada.  Karena dengan membaca buku ini para guru dan trainer active learning akan mempunyai banyak variasi  dalam menghidupkan suasana pembelajaran di kelas maupun di tempat pelatihan.

Selamat dan sukses untuk Pak Sunarto dan teman-teman Fasilitator Active Learning lainnya.

Prof. Dr. Sukarno, M.Si

Ketua Umum ALFA (Active Learning Facilitators Association)

Dekan FPBS Universitas Tidar Magelang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: