TOT WIAL untuk para Dosen


Universitas Negeri Yogyakarta, 16 – 20 Mei 2011

TOT What Is Active Learning untuk Para Dosen LPTK se-Jateng dan DIY

Pembelajaran aktif atau lebih dikenal dengan PAKEM sudah lama dilaksanakan di Jenjang Pendidikan Dasar utamanya di TK dan di SD. Di Indonesia program ini sudah dimulai sejak tahun 1999. Namun demikian, gema PAKEM belumlah menyentuh pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Pada Jenjang Pendidikan sekolah menengah pertama (SLTP) baru sekitar tahun 2006 mulai dikenalkan. Bahkan di jenjang pendidikan sekolah menengah atas boleh dibilang sampai pada saat ini belum juga ada implementasinya.
Sebenarnya di lingkungan Perguruan Tinggi sudah lama di kenalkan akan PAKEM ini. Namun semua orang tentu maklum, jika di Perguruan Tinggi lebih banyak dikaji pada tataran teori.

Berdasarkan pengalaman, ternyata PAKEM tidaklah mudah diimplementasikan begitu saja setelah para calon guru menerima teori. Pada saat mereka melakukan PPL di sekolah mahasiswa lebih banyak “meniru” perilaku dosen pada saat mengajar mereka. Menyadari hal tersebut  maka pada tanggal 16 – 20 Mei 2011 bertempat di Universitas Negeri Yogyakarta para dosen LPTK se DIY dan Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan untuk Pelatih WIAL (What Is Active Learning).

Dengan pelatihan ini diharapkan selain memahami hakekat PAKEM (pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan), para dosen juga bisa memberikan contoh implementasi pembelajaran yang PAKEM dalam memberikan mata kuliah maupun memberikan contoh mengajar di dalam kelas.

 

%d blogger menyukai ini: