Paket Pelatihan Transparent Management School


Dalam rangka mewujudkan  sekolah berstandar Nasional maupun sekolah bertaraf  Internasional diperlukan management sekolah yang transparan dan akuntabel. Keterbukaan sekolah diperlukan dalam rangka bukan saja sebagai merupakan persyaratan formal dari juknis tetapi lebih kepada  memberikan keyakinan kepada masyarakat akan penyelengaraan sekolah yang profesional.

Penyelenggaraan sekolah yang profesional akan menarik perhatian masyarakat untuk ikut terlibat dalam mendukung kemajuan sekolah. Dukungan masyarakat dapat berupa tenaga dan pemikiran maupun berupa dana. Asalkan masyarakat mengetahui dengan pasti bahwa tidak ada “dusta” dalam penyelenggaraan sekolah pasti masyarakat akan memberikan dukungan dengan suka cita.

Dalam rangka mewujudkan management sekolah yang terbuka, diperlukan teknik dan strategi pelaporan kepada masyarakat tentang perkembangan sekolah. Laporan hendaknya dibuat secara singkat (tidak bertele-tele) namun mampu memberikan gambaran yang komprehensip terhadap seluruh program yang ada di sekolah. Mulai dari jumlah siswa hingga prestasi sekolah. Mulai dari jumlah guru hingga kapasitas sumber daya manusianya. Mulai dari keuangan hingga rencana kemajuan sekolah dsb.

Untuk mewujudkan hal tersebut di atas perlu dilakukan pelatihan tentang school Transparency management, yang akan memberikan bekal yang cukup bagi para guru dan Kepala Sekolah untuk mendesign Laporan Mutu Sekolah yang simpel, menarik, namun tetap komprehensip.

Design pelatihan akan dilakukan selama 2 hari dengan materi sebagai berikut:

  1. Apa dan mengapa  Transparent management school
  2. Strategi optimalisasi peran serta masyarakat
  3. Mendesign  Laporan Mutu Sekolah
  4. Menyusun RPS berdasarkan hasil laporan Mutu Sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: