Teknik tingkatkan minat baca siswa dengan “GRAB BAG”


Grab Bag adalah salah satu teknik meningkatkan baca siswa dengan perantara benda-benda yang ditaruh di dalam tas. Benda-benda itu adalah merupakan benda-benda yang ada dalam cerita di buku. Grab Bag berasal dari bahasa inggris yang berarti meraba isi tas.

Secara singkat dalam teknik ini adalah guru mengumpulkan benda-benda yang ada di dalam cerita sebuah buku, seperti: batu, batang padi, tanah liat dan sebagainya (menyesuaikan isi cerita dalam buku). Guru lalu menaruh benda-benda tersebut di dalam tas. Pada saat pelajaran dimulai, guru menunjukkan benda-benda itu satu persatu yang diambilnya dari dalam tas. Siswa diminta menebak isi cerita dalam buku berdasarkan benda-benda yang mereka lihat tersebut.

Teknik ini sangat menarik jika dilaksanakan dengan berbagai fariasi. Agar guru bisa menjalani teknik ini dengan baik, maka untuk latihan bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Guru menyiapkan Grab Bag sebanyak jumlah kelompok yang ada sebelum kegiatan akan dilakukan.
  2. Guru  merahasiakan judul buku. Buku yang dipakai sebaiknya adalah buku yang belum pernah dibaca oleh para peserta.
  3. Guru kemudian memberikan 1 Grab Bag kepada setiap kelompok.
  4. Guru meminta setiap kelompok untuk mengeluarkan isi Grab Bag dan meletakkannya di atas meja aga bisa dilihat bersama.
  5. Guru meminta setiap anggota kelompok untuk bekerja sama memprediksi jalan cerita dan menebak judulnya dengan melihat benda-benda dalam Grab Bag dalam waktu 20 menit.
  6. Guru diminta menuliskan prediksinya di buku catatan atau di selembar kertas.
  7. Guru kemudian meminta seorang siswa perwakilan dari masing-masing kelompok untuk maju kedepan membacakan prediksinya dan tebakan judul.
  8. Setelah semua kelompok membacakan prediksi cerita dan judul tebakannya, fasilitator memperlihatkan buku yang sebenarnya. Dan membacakan cerita dalam buku itu kepada semua peserta.
  9. Guru  memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk membuat Grab Bag dari buku-buku yang ada. Grab Bag yang dibuat akan keesokan harinya ditukar dengan kelompok lain untuk ditebak jalan ceritanya.
  10. siswa akan kembali mengisi catatan peminjaman buku untuk membawa buku-buku itu pulang.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: