Ice breaking komunikasi


ice breaking komunikasiDalam sebuah organisasi arau institusi komunikasi merupakan hal utama yang harus dijakankan dengan baik. Kesuksesan suatu program akan sangat tergantung dari komunikasi yang efektif dan lancar yang dilakukan oleh para pihak yang tergabung dalam organisasi itu.

Berikut ini adalah sebuah game sekaligus memberikan analogi bagaimana pengaruh komunikasi terhadap pencapaian tujuan organisasi/ institusi. Adapun langkah-langkah game-nya adalah sebagai berikut:

  1. Bentuklah peserta pelatihan menjadi kelompok-kelompok.
  2. Peserta diminta untuk memilih 1 orang yang paling pandai menggambar dan satu orang yang paling cerdas.
  3. Setiap orang yang ditunjuk sebagai ahli menggambar, dipersilahkan maju untuk menggambar sesuatu yang menunjukkan visi atau motivasi kelompok, misalnya menggambar matahari sebagai gambaran bahwa kelompok tersebut akan memberikan pencerahan kepada semua orang yang ada di dunia ini.
  4. Setelah selesai menggambar,  separoh ahli lukis dipersilahkan keluar ruangan. Sedangkan separoh yang lainnya dipersilahkan kembali kekelompok untuk menjelaskan apa makna gambar yang telah mereka buat tersebut.
  5. Bagi anggota kelompok yang ahli lukisnya keluar dimohon untuk memberikan penjelasan apa makna gambar yang telah dibuat oleh ahli lukisnya yang telah keluar ruangan. Orang yang paling cerdas bisa mewakili kelompok untuk menjelaskan gambar tersebut.
  6. Setelah selesai ahli lukis yang berada di luar diminta masuk kembali untuk memberikan penjelasan gambar yang sudah ia buat. Peserta lain dimohon untuk memperhatikan apakah ada kesamaan atau atau perbedaan penjelasan antara ahli lukis dan anggota kelompoknya.
  7. Tiba giliran anggota kelompok yang ahli lukisnya tidak keluar ruangan dan memberikan penjelasan kepada anggota kelompok untuk menunjuk 1 orang mewakili menjelaskan makna gambar yang telah dibuat olah ahli lukisnya.
  8. Setelah itu ahli lukis dimohon juga untuk memberikan penjelasan serupa tentang gambar tersebut.
  9. Peserta lain diminta memperhatikan apakah perbedaan dan kesamaannya.

Pembelajaran:

  1. Bagi kelompok yang sebelumnya tidak ada komunikasi antara anggota kelompok dengan ahli lukis sangat dimungkinkan akan terjadi perbedaan persepsi tentang gambar yang telah dibuat, sekalipun yang menjelaskan adalah oarang yang paling cerdas di dalam kelompok tersebut. Hal tersebut menunjukkan bawah sebagus apapun hasil karya/ prestasi  seseorang kalau tidak dikomunikasikan dengan baik, maka tidak akan bisa dipahami oleh orang lain atau bahkan tidak akan diketahui oleh orang lain.
  2. Bagi kelompok yang sebelumnya telah mendiskusikan/ mengkomunikasikan  terlebih dahulu tentang gambar yang dibuat, bisa dipastikan penjelasan yang diberikan oleh anggota kelompok akan sama atau hampir sama dengan makna gambar yang dimaksud oleh si pembuatnya yaitu si-ahli lukis. Ini menunjukkan bahwa segala sesuatu yang dikomunikasikan akan bisa dipahami oleh orang lain, sehingga makna dan tujuan dari kegiatan tersebut bisa dipahami dan dijalankan oleh semua orang yang ada dalam organisasi tersebut.

Selamat Mencoba !!

4 Tanggapan

  1. […] BACA SELENGKAPNYA DI SINI […]

  2. bagus…. memang sudah saat setiap sekolah memiliki blog.

  3. Trima kasih pak Tri atas apresiasinya.
    Salam utk Bu Min, Pak Pahyono dan WI yg lain ya pak?

  4. Salam kenal Pak…
    Saya warga Banjarnegara…berkunjung dari group Blogger Banjarnegara Facebook.

    Blognya sangat menarik pak…
    Pendidikan bukan topik yang terlalu serius kq, banyak cara untuk “menikmati” pendidikan, betul kan pak?🙂

    Salam kenal
    Dimas Prast

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: