Tips mengatasi peserta pelatihan yang sering menguji fasilitator


DSC04053Dalam forum pelatihan kita sering mendapati peserta pelatihan yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Ada 3 tipe pertanyaan yang diajukan oleh peserta pelatihan, yaitu:

 

  1. pertanyaan karena tidak jelas atau belum tahun,
  2. pertanyaan yang menginginkan jawaban berupa penjelasan yang dimaksudkan untuk menjelaskan kepada peserta lainnya,
  3. Pertanyaan yang lebih bersifat menguji kemampuan fasilitatornya.

Tipe pertanyaan pertama, biasanya diajukan oleh peserta pelatihan yang memang benar-benar tidak belum memahami materi ataupun tidak tahu tentang suatu materi tertentu. Jika dicermati biasanya pertanyaan yang diajukan masih sangat berkaitan dengan materi yang dipelajari pada hari itu. Bagaimana mengatasinya? Terhadap tipe ini fasilitator cukup melemparkan kepada peserta lain untuk memberikan bantuan dalam menjawab. Kalau jawaban dari mereka sudah benar, maka perkuatlah jawaban mereka dengan informasi-informasi tambahan. Namun jika belum ada yang benar, maka fasilitator bisa menjelaskan secara singkat jawaban dari pertanyaan yang dimaksud. 

Pertanyaan tipe kedua, biasanya diajukan oleh peserta pelatihan yang sudah memahami materi tersebut. Sebagai langkah bijak Ia tidak memberikan penjelasan kepada mereka, namun Ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dimaksudkan sebenarnya adalah untuk memberikan penjelasan ulang kepada peserta lainnya.  Terhadap jenis pertanyaan ini segera pahami situasi peserta pada umumnya. Kemudian berikan penjelasan singkat terhadap apa yang menjadi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Biasanya pertanyaan ini muncul karena ada suatu materi tertentu yang terlewatkan belum disampaikan, atau karena dalam penyajian kita kurang sistematis.

Tipe pertanyaan yang ketiga, biasanya muncul dari peserta yang ingin menguji kemampuan fasilitator atau bahkan ingin menjatuhkan di depan peserta lainnya. Jika dicermati, biasanya pertanyaannya tidak linier dengan materi yang sedang dibahas. Dia biasanya mencoba untuk menghubung-hubungkan materi yang sedang dibahas dengan topik lain yang sebenarnya tidak berkorelasi. Terhadap tipe pertanyaan yang demikian fasilitator dapat memberikan tanggapan sebagai berikut:

  • Jjawablah dengan taktis seandainya Anda memang tahu jawabannya.
  • Kalau anda tidak tahu jawabannya, lemparkan pertanyaan tersebut kepada peserta lainnya.
  • Kalau dijawab oleh peserta lain masih belum puas, tanyakan kepada yang bersangkutan tetang jawaban yang Ia kehendaki.
  • Katakan bahwa ini suatu proses belajar bersama.
  • Atau, jangan hiraukan perilaku tersebut dengan mengatakan akan karena keterbatasan waktu anda menjawab pada saat sesi yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: