Internet Untuk meningkatkan Mutu Sekolah


Selama 7 hari saya mensurvei PKG-PKG yang ada di 6 Kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Kabupaten-kabupaten tersebut adalah: Klaten, Boyolali, Karanganyar, Kudus, Jepara dan Blora. Adapun tujuan survei adalah untuk melihat potensi sekolah untuk mengakses jaringan internet.

Belajar Internet Bersama

Belajar Internet Bersama

Kemajuan teknologi informasi benar-benar tidak bisa dibendung lagi. Semua informasi tumpah- ruah memenuhi semua ruang gerak manusia yang ada di bumi ini. Kehadiran internet di sekolah-sekolah merupakan kabar gembira bagi para guru dan siswanya. Karena semua kebutuhan belajar ada, dari Informasi yang positif sampai yang negatif ada. Informasi yang bermoral sampai yang tidak bermoral juga ada. Dari yang rasional sampai yang irasional juga tersedia.

Semua itu akan berpengaruh terhadap anak-anak kita. Kita tidak dapat mengendalikan dan juga tidak dapat mencegahnya. Yang bisa kita lakukan adalah memodifikasi   pemanfaatan arus informasi tersebut agar dapat bermanfaat secara positif dan optimal untuk pembelajaran siswa.

Sekolah merupakan tempat pembelajaran siswa harus peka terhadap tuntutan zaman tersebut. Sebab jika tidak pasti sekolah akan ditinggalkan oleh para siswanya. Paling tidak para siswa akan meninggalkan secara mental, karena sekolah kurang lagi memenuhi kebutuhan akan informasi yang mereka butuhkan. Meraka akan tetap bertahan di sekolah barangkali hanya sekedar mempertahankan status sebagai pelajar yang harus tunduk dan patuh kepada institusi yang akan mengeluarkan ijazah baginya. Jadi boleh jadi para siswa berada di sekolah hanyalah hadir secara fisik, namun secara mental tidak berada lagi di sekolah.

Untuk itulah Pusat Sumber Belajar Gugus (PSBG) di jawa tengah mulai merintis untuk memfasilitasi sekolah-sekolah yang ada di sekitar PSBG untuk dapat mengakses internet.

2 Tanggapan

  1. kami menyediakan koneksi internet khusus untuk sekolah yang berada di daerah terpencil menggunakan teknologi satelit.. tanpa biaya awal, iuran mulai Rp.10000 per siswa , bisa menggunakan koneksi internet unlimited

  2. Menarik ini pak. Sekarang mungkin banyak sekali sekolah yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: