Science fun


Siapkan sebuah sendok dan sebuah garpu. Upayakan sama beratnya antara kedua benda itu.

Langkah-langkah permainan:

  1. Peganglah sebuah sendok dengan posisi telungkup
  2. selipkan ke dalam garpu (menyusup di antara gigi garpu pertama dan terakhir)
  3. selipkan ujung batang korek api / tusuk gigi ke gigi garpu.
  4. tumpangkan tusuk gigi itu di atas bibir gelas. Sesuaikan letak tusuk gigi sampai sendok, garpu, dan tusuk gigi/ batang korek api  bisa mencapai keseimbangan.
  5. nyalakan ujung bebas tusuk gigi/ batang korek api yang ada di dalam gelas.
  6. Amatilah apa yang akan terjadi !

permainan-211Agar permainan menjadi menarik, sebaiknya tantanglah peserta pelatihan/ siswa barang siapa yang dapat mendirikan garpu hanya dengan tusuk gigi di bibir gelas? Berilah hadiah permen barang siapa yang bisa melaksanakannya. Dan bahaslah hasil percobaanya secara ilmiah. Namun jika dari seluruh yang hadir tidak ada yang bisa maka lakukanlah seperti urutan kegiatan di atas!

Jawabannya adalah:

Karena sudut pegangan sendok dan garpu, maka ujung tusuk gigi menghadap ke gaya grafitasi. Perubahan sudut pegangan ini mendistribusi ulang beratnya, pusat grafitasi berubah sehingga sendok dan garpu tidak lagi seimbang di atas tusuk gigi.

8 Tanggapan

  1. […] Ingin tahu Jawabannya? silahkan klik di sini […]

  2. seru juga ternyata ya….saya coba ah…penasaran nih…bener nggak ya….?

  3. Saya sudah mencobanya lho…
    Hasilnya… bener garpu dan sendok dah tidak lagi sama/seimbang di atas tusuk gigi…

    Seru – suru…

    Salam kenal buat Pak Sunarto,
    Blog-nya menarik sekali untuk di bacaaa
    Sangat interaktif…

  4. Terima kasih atas kunjungannya. Saya akan berusaha menampilkan berbagai informasi pembelajaran sesuai harapan teman-teman. Atau kami juga memberi kesempatan yang luas kepada teman-teman semua, jika akan memberikan kontribusi tulisan ke dalam blog saya. Jika teman-teman bersedia, maka akan saya undang sebagai penulis langsung ke blog saya. Seperti beberapa teman terdahulu yang sudah-sudah

  5. ni salah satu permaina ilmiah bukan……yah…

    aku takut di tolak sama guru aku…

  6. Bu listari Tiara. Permainan tersebut biasanya untuk memancing siswa agar tertarik tentang konsep IPA tentang kesetimbangan. Materi tersebut ada pada pelajaran SD Kelas 4 tentang pesawat sederhana khususnya tentang pengungkit. Pada permainan tersebut sepertinya aneh, namun sangat ilmiah. Bisa diketahui mengapa sendok tdk jatuh. Di mana titik tumpuk, beban dan kuasanya. Selamat mencoba

  7. bagus banget bisa memotifasi siswa

  8. Sekarang ada yang lebih seru pak, coba lihat di https://sunartombs.wordpress.com/2012/04/16/buku-icebreaker-dalam-pembelajaran-aktif/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: