Science games 1


botol

Fenomena kehidupan sehari-hari sebenarnya merupakan praktik penerapan konsep-konsep IPA. Mulai bangun tidur, jalan kaki menuju ke dapur, memasak, pergi ke sekolah, beristirahat dan sebagainya merupakan praktik sehari-hari yang selalu memanfaatkan konsep-konsep IPA. 

Terkadang kita terheran-heran ketika mendapati fenomena aneh yang terjadi di sekitar kita. Misalnya ketika ada pelangi. Mengapa bisa terjadi peristiwa itu? Atau ketika kita melihat sulapan yang menakjubkan, mungkin dihati kita bertanya-tanya kenapa bisa begitu.

Berikut merupakan beberapa contoh permainan IPA di sekolah dasar yang bisa digunakan oleh guru SD/MI untuk pembelajaran IPA di dalam kelas:

Permainan 1

Eksperimen 1:

  1. Siapkan 4 buah botol kosong bekas minuman ringan atau botol yang bening.
  2. Isilah botol ke-1 dengan air panas yang berwarna, anda bisa menggunakan teh, kopi atau pewarna lain. Semakin pekat semakin baik. Isilah  botol ke 2 dengan air putih yang panas.
  3. Isilah  botol ke-3  dengan air dingin yang berwarna, jika perlu diberi es batu. Isilah botol ke 4 dengan air putih dingin.
  4. Ambillah botol ke-3 dan letakkan di atas meja. Kemudian tutuplah botol ke-2 dengan kertas lilin atau plastik dengan rapat agar tidak tumpah saat dibalik.
  5. Baliklah botol ke-2 sehingga mulut botol menempel pada mulut botol ke-3 (lihat gambar di samping)
  6. Ingat botol air panas berada di atas.
  7. Kepada semua yang hadir tanyakan siapa yang bisa mencampur kedua air berwarna dan putih tersebut tanpa harus menggerakkan botolnya?
  8. Pasti tidak ada yang bisa.

 

eksperimen 2:

Tibalah saatnya anda beraksi

  1. Ambillah salah botol ke 1 dan taruh di atas meja. Kemudian tutuplah botol ke-4 dengan kertas lilin atau plastik dengan rapat agar tidak tumpah saat dibalik.
  2. baliklah botol ke-4 dan tumpangkan dengan mulut botol saling beradu dengan botol ke-1.
  3. Ingat botol air panas berada di bawah.
  4. Dengan pura-pura mengerahkan suatu tenaga dalam, maka air berwarna tersebut pelan-pelan akan naik dan bercampur menjadi satu dengan air putih.

Mengapa bisa demikian?

Sebenarnya permainan di atas dapat digunakan untuk menjelaskan peristiwa konveksi. Konveksi adalah perpindahan panas dengan disertai oleh zatnya. Air Panas menyebabkan molekul-molekul saling berjauhan, dan menyebabkan air panas lebih ringan daripada air dingin. Air panas yang lebih ringan naik, dan air dingin yang lebih berat turun/ tenggelam. Ketika air berwarna yang dingin berada di bawah, maka tidak akan terjadi aliran air ke atas.

 

Jika anda ingin mengikuti science games berikutnya klik aja di sini

Selamat mencoba!!!!!

2 Tanggapan

  1. […] Mengapa bisa demikian? Jawabannya ada  di sini […]

  2. wah seru jg ya…!sy suka…klo bs krim dong games yg lain ttg IPA………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: