ALAT PERAGA

Pembelajaran yang efektif seyogyanya menggunakan alat peraga. Namun kebanyakan sekolah masih merasakan akan kurangnya sarana dan prasarana tersebut. Alat Peraga masih cukup sulit didapatkan. Seandainya ada pun juga belum tentu sesuai dengan pokok bahasan yang sedang dibahas.

Jalan keluar yang sangat rasional dan realistis adalah membuat alat peraga sendiri walaupun itu mungkin sangat sederhana. Dengan membuat alat peraga sederhana guru dapat lebih tepat dan efektif dalam menggunakannya. Alat Peraga yang dibuat oleh guru sendiri mempunyai beberapa keuntangan, sebagai berikut:

  1. Guru dapat menggunakan alat peraga tersebut sesuai dengan yang mereka inginkan, sehingga penggunaan alat peraga lebih pas karena yang menggunakan adalah sipembuatnya sendiri.
  2. Sekolah tidak akan pernah kekurangan alat peraga karena guru dapat membuat sendiri dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitarnya.
  3. Biaya untuk pengadaan alat peraga sangat murah.

Tulisan yang berhubungan dengan alat peraga:

  1. Alat Peraga yang dapat memperoleh angka kredit dan alasan penolakannya.
  2. Membuat Puzzel dari bahan sederhana
  3. Paket Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Sederhana

Jika anda semua ingin dapat membuat alat peraga sederhana tersebut berikut saya sajikan panduan pembuatan alat-alat peraga sederhana. SILAHKAN KLIK DI SINI. Untuk Info lebih jelas silahkan hubungi sunartombs@gmail.com

23 Tanggapan

  1. Adakan dong workshop membuat media pembelajaran dengan ICT seperti micromedia flash, video movie maker, atau fasilitas lain. Di tunggu ya untuk guru-guru di kabupaten bogor, supaya pembelajaran lebih kreatif dan menyenangkan. OK.

  2. Yup, seorang guru kreatif dan inovatif harus dan wajib bisa membuat alat peraga dalam pembelajaran. percuma saja jika anggaran pendidikan dinaikkan jika apa yang diajarkan guru hanya mentok pada sistem pembelajaran tradisional. bangkitkan kreativitas siswa, ajak siswa bergabung mendalami manfaat dunia pendidikan

  3. guru yang kreatif selalu mengembangkan diri
    pembuatan alat peraga sederhana sudah mulai punah
    penggunaan multi media lebih baik dan efisien
    tergantung guru, mau atau tidak untuk belajar dan pengembangan diri

  4. alat peraga dibutuhkan untuk memperjelas penyampaian materi pelajaran, jadi apapun bentuknya harus disesuaikan. jika dapat dibuat sendiri dan itu lebih praktis dan efisien kenapa tidak? guru harus kreatif dan tidak takut untuk mencoba.

  5. pak, bisa minta contoh alat peraga untuk kimia sma nggak ?
    trimakasih

  6. OUT BOUND CALISTUNG
    Semakin dini usia anak, maka konsep bermain itu belajar sangat melekat didalam sistem pembelajaran. Berawal dari hal ini, maka kami mempunyai ide jitu, unik, pertama dan paling utama, yaitu Out Bound calistung (cara memperkenalkan membaca, menulis dan menghitung dengan metode Out Bound)
    Berdasarkan pengalaman kami, Out bound calistung paling disukai anak, dikarenakan :
    1. Situasi bermain sambil belajar,
    2. Tempat diluar ruangan,terbukti mempercepat daya tangkap ilmu kedalam otak anak
    3. Memaksimalkan otot, otak dan hati dalam rangkaian gerakan terbukti sangat mudah dicerna dan ilmu yang ada tahan lama
    4. Melalui Out Bound, suasana kondusif dapat diciptakan, sehingga mampu membangun konsentrasi anak untuk dapat berpikir, bertindak lebih baik dan lebih efektif.

    TOY’S FUN
    Kami Toy’s Fun, yang fokus khusus pada dunia anak-anak, apabila diperkenankan akan menyumbangkan ilmu Out Bound calistung, kepada Bapak-bapak, Ibu-ibu, guru dan pemerhati anak guna memberikan wawasan keilmuan yang bermanfaat
    Event-event yang dapat dilaksanakan guna menunjang pemahaman Out Bound calistung, kami memberikan beragam penawaran, diantaranya :
    1. Pelatihan bersertifikasi (level I, II dan Master Trainer Out Bound calistung)
    2. Diskusi
    3. Bedah modul
    4. Out bound calistung kepada guru, orangtua dan pemerhati anak
    5. Out Bound calistung kepada anak didik
    6. Seminar

  7. Dengan adanya media ini, sesama guru jadi tahu informasi terkini, terimakasih.

  8. Bagi rekan guru, mari kita berbagi pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah tempat kita mengajar! Kunjungi website kami di http://www.sd3megawon.blogspot.com. Jangan lupa kasih komentar dan sarannya ya. Terima Kasih.

  9. Pak Sunarto, kami minta ijinnya atas tulisan-tulisan bapak yang aku adopsi di blog kami. Terrima kasih.

  10. Silahkan kalau itu bermanfaat. Mohon ditulis alamat blog saya di blog anda, agar dapat dipertanggungjawabkan!

  11. Terima kasih Pak Sunarto. Amanat Anda akan kami laksanakan.

  12. Trims. Saya senang banget

  13. Asalamualaikum, tolng dong pa infokan pada Kami klo ada seminar mengenai outbond untuk anak, dan alat peraga yg pas di terapkan pada anak playgroup, serta bagaimana menerapkan calistung tapi anak fun N Happy, tlg infokan pada email saya, terimakasih,

  14. assalamu alaikum pak tlng kirimkan materi cara pembuatan alat peraga fisika sederhana yang bisa di pakai di daerah terpencil dan penjelasannya

  15. assalamu alaikum pak tlng kirimkan materi cara pembuatan alat peraga fisika sederhana yang bisa di pakai di daerah terpencil dan penjelasannya.terima kasih

  16. Ass. Pak, jika berkenan mhn kirim ke kita di Palembang, buku ICE BREAKING DAN ENERGIZER YANG MENDIDIK . Kita baru saja pelatihan Quantum Teaching dan kami masih sangat butuh contoh-contoh Ice breaking, dlm rangka penerapan hasil pelatihan. Ditunggu, lho! Sebelum dan sesudahnya Tks. Wass

  17. Wah….bagus banget tulisannya, kapan nih workshop pembuatan bahan ajar berbasis ICT khususnya IPS SMP di Palembang, kayaknya bagus bangat nih kalo di adakan di Palembang, pengen ikutan.

  18. Bisa setiap saat pak, kami tunggu undangannya. Kami pernah melaksanakan ini di Bangka Barat atas undangan temen-temen di sana.

  19. Nursilawati Angriani, Buku ice breaking untuk pembelajaran aktif sudah ada, teman-teman di palembang membutuhkan berapa exp? Silahkan baca dulu di http://sunartombs.wordpress.com/2012/04/16/buku-icebreaker-dalam-pembelajaran-aktif/

  20. Terima kasih banyak pak atas tuntunan inovasinya, sangat membantu dalam proses belajar pengajar

  21. ok ok

  22. maaf saya mau bertanya, apa nama alat peraga yang ada di atas? mohon infonya :) trim’s

  23. Alat deteksi banjir, atau deteksi air pasang.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: