Metode Snow Balling (Bola Salju)


Dalam rangka mengaktifkan siswa dalam pembelajaran perlu diupayakan dengan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi. Salah satu metode pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa adalah metode snow balling.

snowballingDinamakan metode snow balling dikarenakan dalam pembelajaran siswa melakukan tugas individu kemudian berpasangan. Dari pasangan tersebut kemudian mencari pasangan yang lain sehingga semakin lama anggota kelompok   semakin besar bagai bola salju yang menggelinding.

Metode ini digunakan untuk mendapatkan jawaban yang dihasilkan dari siswa secara bertingkat. Dimulai dari kelompok yang lebih kecil berangsur-angsur kepada kelompok yang lebih besar sehingga pada akhirnya akan memunculkan dua atau tiga jawaban yang telah disepakati oleh siswa secara kelompok.

Langkah-langkah penerapan:

  1. Sampaikan topik materi yang akan diajarkan.
  2. Minta siswa untuk menjawab secara berpasangan.
  3. Setelah siswa yang bekerja berpasangan tadi mandapatkan jawaban, pasangan tadi digabung dengan pasangan di sampingnya. Dengan demikian terbentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
  4. Kelompok berempat ini bekerja mengerjakan tugas yang sama seperti dalam kelompok 2 orang. Tugas ini dapat dilakukan dengan membandingkan jawaban kelompok 2 orang dengan kelompok 2 orang lainnya. dalam kegiatan ini perlu dipertegas bahwa jawaban harus disepakati oleh semua anggota kelompok yang baru.
  5. Setelah kelompok berempat ini selesai mengerjakan tugas, setiap kelompok digabung lagi dengan kelompok berempat lainnya. Dengan demikian sekarang setiap kelompok baru beranggotakan 8 orang.
  6. Yang dikerjakan pada kelompok baru ini sama dengan tugas pada langkah ke-4 di atas. Langkah ini dapat dilanjutkan sesuai dengan jumlah siswa dan waktu yang tersedia.
  7. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.
  8. Guru akan membandingkan hasil dari masing-masing kelompok kemudian memberikan ulasan-ulasan yang dianggap perlu.
About these ads

24 Tanggapan

  1. Ass,
    sy sdang membuat skripsi tentang model pembelajaran snowballing,sy mengalami kesulitan dengan pengertiannya atau definisinya. tolong kirim k alamt email sy secepatnya tentang pengertian tersendiri dari model pembelajaran snowballing. dan sy pengen referensinya jg. trimah kasih.

  2. Ass,
    sy sdang membuat skripsi tentang model pembelajaran snowballing,sy mengalami kesulitan dengan pengertiannya atau definisinya. tolong kirim k alamt email sy dsn: ndenk_niz_moet@yahoo.com atau ke facebook saya ndenk_niz_moet@yahoo.comsecepatnya tentang pengertian tersendiri dari model pembelajaran snowballing. dan sy pengen referensinya jg. trimah kasih.

  3. ASS WR WB, sya sdang ingin membwt skrip mengenai m. snowballing tpi sya bgung krna tdk bxk thu ttg pengertian , langkah-langkah serta klbihan maupun kekrangannya, tlong krim ke email saya atau facebook saya jika anda mempunyai refrensix, tRima kasih bXk sblumX.

  4. tolong aku dikirimi judul buku yang ada metode snowball. penting banget nih. aku lagi butuh pengertian dan kelebihannya. trims

  5. Mas Khapid, judul bukunya adalah strategi pembelajaran aktif. Buku Warna biru

  6. maaf saya mau nanya bisa gak menggunakan dengan pelajaran PAI semisal fiqh.

  7. Bisa saja Pak. Cuman dibutuhkan keterampilan prasarat, yaitu paling tidak anak-anak sudah pernah belajar materi fiqh yg diajarkan. karena metode ini lebih cocok digunakan utk problem solving.

  8. malam pak….
    saya mau nanya, apa strategi snow balling itu diawali dengan penjelasan materi dari guru atau tidak?????
    tolong jawabannya pak…..

  9. Dear Era,
    Bisa ya bisa tidak.
    bisa diawali dengan penjelasan materi terlebih dahulu baru kemudian dilontarkan problem solving utk di pecahkan siswa. Tidak perlu diawali penjelasan materi, jika masalah yang dipelajari bukanlah materi baru.

  10. bagaimanakah model LKS dengan strategi ini?
    apakah pelajaran kimia dpt diajarkan dg menggunakan strategi ini?
    trimakasih..

  11. oke pak! cocok untuk diskusi! :)

  12. pak, bedanya strategi snowballing sama metode snowballing tuh apa?? buku tentang metode snowballing sendiri ada gag??

  13. Strategi itu merupakan ramuan berbagai metode dan teknik untuk mengajarkan materi pelajaran tertentu. Kalau metode, adalah teknik tertentu yang digunakan untuk mengajarkan materi pelajaran tertentu.

  14. Aslm,,, Pak, tolong dong kasih referensi bukunya,,,

  15. brarti pada intinya apa strategi snowballing dan metode snowballing itu sama?? brarti snowballing itu bisa dijadikan metode, model dan strategi???

  16. Kalau titis baca lebih mendalam tentang snowballing, lebih tepat dikatakan sebagai strategi. Karena Snowballing merupakan satu rangkaian proses pembelajaran yang dalam satu babak. Di dalam snowballing ada beberapa metode yang diterapkan antara lain metode tugas, tanya jawab dan metode diskusi.

  17. saya lg bkin skripsi menggunakan metode snowballing sedangkan buku yang ada cuma pya hasyim zaini. tp dosen saya menyurus saya mencari buku yang membahas metode snowballing bukan strategi snowballing. saya harus jwab gmn pak….

  18. Ya banyak Dosen yang rancu juga membedakan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik. Dulu Profesor saya juga begitu, Tapi kemudian saya kasih litaratus yg ada silahkan baca di http://sunartombs.wordpress.com/2009/04/04/model-model-pembelajaran/ atau anda bisa juga baca buku PAKEMATIK Pembelajaran inovatif berbasis TIK Karangan Winastwan Gora Swajati dan Sunarto (saya). Di dalamnya ada bab khusus yg membahas tentang pendekatan, strategi, model dan metode.
    Asal dosen diberi argumentasi yang baik saya yakin bisa menerima. Tapi untuk literatur cari saja dengena key word snowballing di google book, pasti akan anda temukan banyak buku yg membahas tentang snowballing. Masalah judul metode atau strategi jangan dipusingkan penulis pasti maksudnya sama, karena saya yakin mereka juga rancu membedakan itu semua.

  19. owh bgitu ya pak. terimakasih atas informasinya ya pak, ini sangat berguna sekali untuk saya. semoga saja saya bisa memberi argumentasi yang baik untuk dosen saya. sekali lagi saya ucapkan trmksh. kalau saya ada kesulitan lagi saya akan tanya pada bapak lagi. . trmkasih. . .

  20. If you are going for best contents like I do, simply pay a visit this web page all
    the time for the reason that it gives quality contents,
    thanks

  21. apakah model snowballing ini bisa di terapkan di dalam kelas yang jumlah siswa nya ganjil ??

  22. Prinsipnya bisa saja, cuman 1 anak yang tdk ada pasangan dipersilahkan gabung dg teman yg disukainya. Kan gak harus kaku begitu? ya gak

  23. ass.
    saya sedang membuat skripsi tentang strategi pembljrn snowballing dan saya kurang memiliki referensi tentang pembelajaran snowballing ini,tolong kirim secepatnya ke alamat email saya disini (sari.evi75@yahoo.co.id) tentang pengertian dan semua yang mencakup pembelajaran snowballing berikut referensinya juga. terima kasih
    wsslm.

  24. Buka saja di bukunya Google mbak evi, tersedia banyak baik yg berbahasa Indonesia atau yg berbahasa asing. selamat mencoba

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: